Minggu, 08 Juni 2008

Tentang E-mail


E-MAIL

E-mail atau Electronic Mail (surat Elektronik) Yaitu merupakan salah satupelayananinternet yang sering kita gunakan. Sebagai alat komunikasi yang murah, dan cepat kita bisakomunikasi dengan siapa saja. E-mail ini mulai di pakai sejak tahun 1960-an. Karena pada saatitu internet belum terbentuk, yang ada hanya kumpulan `mainframe` yang terbentuk sebagaijaringan.

komponen utama dalam E-mail yaiitu user agens, mail servers, dan simple main transfer protocol : SMTP

Bagian-bagian Dari Alamat E-mail

Alamat E-mail memiliki tiga bagian diantaranya:
  1. Alamat E-mail dipisahkan oleh tanda @ (tanda di)
  2. Bagian sebelum tanda @ adalah kotak surat (ID0 atau user name (nama pengguna)
  3. bagian sesudah tanda @ yaitu nama domain dari penyedia jasa internet (ISP) atau nama web penyedia pasilitas-pasilitas tersebut. seperti yahoo.com; hotmail.com; gmail.com dll.
Jenis-janis E-mail

E-mail terdiri dari tiga jenis layanan E-mail, yaitu: POP mail, E-mail Forwading, dan E-mail Berbasis Web. dan ketiga E-mail tersebut masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihan seperti:

  1. POP Mail
Kelbihannya yaitu: dapat dibaca secara offline (tidak connect ke internet). untuk mengecek E-mail ini terlebih dahulu harus conect dulu ke server POP mail, kemudian mendownload seluruh E-mail yang ada, setelah itu baru kita memutuskan hubungan internet dan membaca E-mail tersebut. dan kekurangannya yaitu kita tudak bisa mengecek E-mail di sambarang tepat atau di internet lain. untuk menjalankannya kita harus menggunakan program client mail seperti outlook express.

2. E-mail Forwading

Kelebihannya yaitu: bisa menyembunyikan alamat e-mail kita yang sesungguhanya, dan kekurangannya yaitu bersifat sebagai peantara, e-mail tersebut akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke tempat kita.

3. E-mail Berbasis Web

Kelebihannya yaitu: dapat mengecek e-mail dari mana saja dari browser ataupun ISP. dan biasanya e-mail ini bersifat gratis. Sedangkan kekurangan yaitru ketergantungannya yang sangat tinggi terhadap akses internet, dan selama mengalola e-mail kita harus terkoneksi terus ke internet.

Kelebihan Menggunakan E-mail:
  • Cepat (sangat cepat) karena hany perllu beberapa menit tinggal keti langsung send
  • Mudah (klarena kita cukup mengetik di komputer)
  • Multiple send (dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus)
  • Dapat mengirim file 9attactement sepertio file doc, exel, mp3, gambar, video dll.)
  • Kapan saja dan dimana saja (tidak ada perbedaan lokasi dan waktu)
  • Biaya lebih murah.
Kekurangan menggunakan E-mail:
  • Harus selalu online
  • hanya dappat mengirim e-mail dan gambar
  • Tidak konok internet dan check maka tidak akan tahu e-mail nyang kita kirim sudah di balas atau belum
  • Harus conect internet dan check
  • Tempat virus bagi yang tidak mengerti.
Memperole E-mail Secara Gratis
Langkah-langkahnya yaitu:
  1. Bukalah browser Internet Explorer, kemudian ketiklah URL google: pada kotak adress bar
  2. Klik icon gmail
  3. Klik Sign In untuk yang sudah memiliki alamat e-mail, dan klik Sign Up untuk yang belum memiliki e-mail ( yang mau daftar)
  4. lalu muncul pengisian formulir
  5. jika pengisian formulir di atas sudah selesai diisi lalu klik tombol Saya Menerima Buat Account Saya.



SEKILAS TENTANG MIRC

|mIRC merupakan perangkat lunak untuk Internet Relay Chat atau chatting secara online yang jalan di atas sistem operasi Windows. mIRC diciptakan pada tahun 1995 yang dibuat oleh Khaled Mardam-Bey, dan berguna untuk berbincang (chatting) antar sesama pengguna mIRC diseluruh dunia. Perangkat lunak ini memiliki pengguna terbanyak dalam kategori chatting, terbukti setelah perangkat lunak ini di download sebanyak 9,129,578 kali dari servis CNET pada Oktober 2007. Nielsen-Net memasukan mIRC ke dalam daftarnya sebagai “10 terbaik applikasi internet” pada tahun 2003.

Dengan tersedianya script, para pengguna bisa mengatur cara bekerja mIRC sebebas-bebasnya.Huruf ‘m’ dalam singkatan mIRC belum diketahui pasti, tetapi dalam FAQ dalam FORUM mIRC, pihak mIRC mengatakan ‘m’ adalah singkatan dari “Moo”.

· Kelebihan mIRC
- Adanya skripsi yang dapat membuat mIRC dapat diatur sebebas-bebasnya.
- Banyaknya pengguna yang memungkinkan pengguna lainnya lebih mudah untuk mencari teman.
- Ribuan channel tersedia (nama channel bebas atau ditentukan sesuai domisili).

· Kekurangan mIRC
- Anda tidak bisa chatting dengan media suara dan gambar seperti di Yahoo Messenger atau CamFrog atau MSN. Anda hanya bisa chatting dengan basis teks.
- Hanya beberapa server yang bekerja pada mIRC saat ini (Contoh: DALnet, EFNet, QuakeNet, dan sebagainya).
- Tidak bisa memilih regional / domisili dari teman chatting kita secara pasti


Chetting
tanpa harus pendaftaran

mIRC merupakan kependekan dari Internet Relay Chat yang artinya adalah sebuah tempat pertemuan secara virtual di mana orang - orang dari seluruh dunia dapat bertemu dan ngobrol bareng. di sini kita bisa menemukan banyak hobi, ide dan gosip dan bisa ikut berpartisipasi di sebuah grup diskusi di salah satu dari ribuan Channel yang ada di IRC, di ratusan jaringan - jaringa IRC, ato cuman ngobrol dengan teman lama, teman baru, keluarga secara pribadi di manapun mereka ada.

Dengan IRC bisa juga mengirim gambar atau file dan juga mendownload file. keuntungan lainnya adalah kita tidak harus mendaftar di sebuah situs untuk mendapatkan sebuah account, seperti Yahoo Messenger. Tapi kita hanya dengan memasukkan nama (Nickname) yang unik maka kita bisa menikmati fasilitas mIRC. kalo Nickname yang dimasukkan ditolak, itu berarti bahwa Nickname tersebut sudah ada yang menggunakannya terlebih dahulu dan harus mencari Nickname baru. kecuali kalo Nickname kita udah didaftarkan supaya apabila ada yang memakainya, tapi kita yang berkuasa karena memakai password, di tiap Channel ada fasilitas Scramble.


Chatting di Irc (mIrc), Messenger (YIM), Forum (Kaskus), SMS dan Lain Sebagainya

Bagi yang baru menggunakan aplikasi di dunia chating, tentunya harus mengetahui beberapa singkatan dasar yang sifatnya penting untuk diketahui oleh semua chatter lokal.

- asl pls = age sex location please = usia, jenis kelamin dan lokasi anda
- brb = be right back = tunggu sebentar, sedang sibuk
- lol = laugh out loud = tertawa terpingkal-pingkal
- gtg = got to go = mau offline karena mau pergi
- wtf = what the f*** (sensor) = brengsek
- gr8 = great = keren
- aq = aku
- gw = gue
- t4 = tempat

Untuk cara membacanya, Misalnya gtg. gtg artinya orang yang mengetiknya sedang tertawa terpingkal-pingkal karena ada sesuatu yang lucu atau pantas ditertawakan. Singkatan anda yang bersifat global berbahasa inggris dan juga lokal yang berbahasa indonesia. Dan biasanya singkatan-singkatan tersebut dipakai di chatting mIRC, yahoo instant messenger, yahoo chat, msn messenger, google messenger, sms, forum komunitas dan banyak lagi lainnya. Dengan mengetahui singkatan-singkatan yang ada maka akan menjadikan setara dengan chater yang sudah senior dan termasuk orang yang sudah tidak awam di dunia perchatingan.


Chating via Handphone

Chating dilihat dari tujuannya bisa bermacam-macam ada yg iseng, cari teman, sampai e-learning atau belajar jarak jauh. Selain murah, dari pada telepon atau SMS, chating juga bisa dilakukan sambil browsing internet. Oleh karena itu, ada sebagian orang yang males chating karena isengnya dan banyak boongnya. Lepas dari itu semua chating telah mewabah dan sangat digemari di dunia internet.


Ada beberapa Aplikasi chat seperti Mirc, ICQ, Yahoo Messenger(YM), MSN, AOL. Pada saat ini Chatting indonesia yang populer adalah Yahoo Messenger dan Mirc. Salah satu solusinya adalah chat via handphone, mengingat begitu luasnya pemakaian handphone, para developer untuk aplikasi mobile tanggap dan membuat beberapa aplikasi untuk chatting pada saat ini aplikasi yang populer adalah AgileMessenger dari AgileMobile, ada juga aplikasi lain seperti IM+. Aplikasi ini Gratis dan tersedia dalam berbagai versi. Contohnya seperti device yang didukung adalah Sony Ericson P800, P900. Keunggulan dari aplikasi ini adalah mendukung berbagai Chat yaitu ICQ, MSN, AOL dan Yahoo Messenger. Cara penggunaannya pun cukup mudah dan user friendly.






Tidak ada komentar: